Rabu, 13 November 2013

Sejarah Dreamweaver

Logo Macromedia Dreamweaver
Histori :
Adobe Dreamweaver adalah program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems. Dulu dikenal dengan nama Macromedia Dreamaweaver keluaran Macromedia. Versi terakhirnya adalah Macromedia Dreamweaver 8 sebelum akhirnya dibeli Adobe Systems. Sedangkan versi terakir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 12 yang ada dalam Adobe Creative Suite 6 yang sering dikenal dengan singkatan CS6.

Fitur :
Adobe Dreamwevaer menyediakan editor Design View "What You See Is What You Get" atau sering disingkat " WYSIWYG", maksudnya tampilan hasil akhirnya akan sama dengan tampilan pada saat proses perancangan halaman web. Terdapat Kode Editor dengan fitur standar seperti Syntax Highighting, Code Complletion dan Code Collapsing serta fitur lebih canggih seperti Real Time Syntax Checking dan Code Introspection untuk menghasilkan petunjuk kode yang membantu pengguna dalam menulis kode.

Dreamweaver dapat menggunakan ekstensi dari pihak ketiga untuk memperpanjang fungsionalitas inti dari aplikasi. Seperti editor HTML lainnya, edit file secara lokal kemudia diunggah ke web server remote menggunakan FTP, SFTP atau WebDAV.

Syntax Highlighting :

Ketersediaan Bahasa :
Adobe Dreamweaver CS6 tersedia dalam bahasa Portugis Brasil, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Ceko, Belanda, Inggris, Perancis, Jerman,  Italia, Jepang, Korea (hanya Windows), Polandia, Rusia, Spayol, Swedia dan Turki.

Fitur Khusus Untuk Bahasa Arab dan Ibrani :
Pada Adobe Dreamwevaer CS3 memiliki versi Timur Tengah yang memungkinkan mengetik dalam bahasa Arab, Persia atau Teks Ibrani (ditulis dari kanan ke kiri) dalam tampilan kode. Apakah teks sepenuhnya ditulis dalam bahasa timur tegah atau perpaduan dari bahasa inggris dan timur tengah tetap akan ditampilkan dengan benar.

Versi Rilis :

Referensi :
Wikipedia Id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar